Haid Tidak Lancar

Haid Tidak Lancar

Haid Tidak Teratur

ALAMAT TEMPAT BEKAM DI BINTARO SILAHKAN HUBUNGI 081281162414

TERAPI KESEHATAN BEKAM BINTARO adalah Salah satu alternatif  TERAPI KESEHATAN secara islam dan Kami Melayani Terapi Bekam Panggilan Tangerang Selatan Pamulang, Reni Jaya, Bekam Pondok Petir untuk anda yang tinggal di daerah Pamulang, Ciputat, Bintaro, BSD Tangerang Selatan – Untuk Terapi Bekam Reni Jaya, Bekam Pondok Petir Terapi Bekam Sawangan, Terapi Bekam Parung, Bekam Bintaro silahkan hubungi kami di 081281162414 (Call/WA/SMS)

Apa itu haid tidak teratur?

Haid atau menstruasi adalah waktu di mana lapisan dinding rahim meluruh setiap bulannya sehingga menyebabkan perdarahan. Siklus haid yang umumnya normal berlangsung per 21-35 hari, dengan lama waktu mens (keluarnya perdarahan) sekitar 2 sampai 7 hari.

Namun, tidak semua siklus haid wanita pasti lancar sesuai jadwal setiap bulan. Haid dikatakan tidak lancar misalnya ketika bulan ini seseorang mendapatkan haid dalam rentang siklus 25 hari sementara haid berikutnya pada siklus 42 hari.

Kondisi ini sangat sering terjadi di awal pertama kali haid, yaitu ketika puber. Siklus haid remaja perempuan biasanya masih berubah-ubah sehingga sulit untuk diprediksi kapan waktu haid berikutnya. Perubahan ini dipicu oleh berbagai faktor dari mulai kondisi kejiwaan, ketikdaseimbangan hormon, hingga berat badan yang terlalu rendah.

Selain karena puber, siklus haid yang tidak lancar juga mungkin dipengaruhi oleh banyak penyebab. Mulai dari kondisi sepele hingga serius.

Maka, Anda tak bisa menyepelekan kondisi ini terlebih jika berlangsung dalam kurun waktu yang lama dan tidak ada perubahan.

Seberapa umum haid tidak teratur?

Mengalami haid yang tidak teratur sudah bukan hal yang aneh bagi wanita. Kemungkinan hampir semua wanita pernah mengalami masa ini dalam hidupnya.

Kondisi ini paling sering terjadi pada remaja perempuan atau wanita lanjut yang memasuki masa menopause.

Namun, Anda bisa memperkecil risiko mengalami haid yang tidak lancar dengan mengurangi berbagai pemicunya.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala saat mengalami haid tidak teratur?

Menstruasi dikatakan tidak teratur jika:

  • Jumlah jeda hari (siklus) antar waktu menstruasi selalu berubah-ubah; Misal dari yang tadinya haid per 30 hari sekali, tiba-tiba memendek jadi per 21 hari.
  • Darah yang keluar kadang sangat banyak hingga lebih dari 7 hari, tapi terkadang sangat sedikit dan singkat.
  • Lamanya waktu menstruasi berbeda-beda tiap bulannya

Ketika menstruasi pertama kali datang, perubahan siklus pasti ada. Umumnya dibutuhkan waktu hingga 2 tahun untuk memiliki siklus yang tetap. Seiring berjalannya waktu, secara umum siklus haid, volume darah, dan lamanya waktu haid akan sama setiap bulannya.

Kapan harus ke dokter saat haid tidak teratur?

Meski sering kembali teratur dengan sendirinya dan tidak perlu dikhawatirkan, Anda perlu segera berkonsultasi ke dokter bila:

  • Tiba-tiba berhenti menstruasi
  • Mengalami perubahan siklus dari yang sangat teratur menjadi berantakan
  • Memiliki rambut wajah, dagu, dada, dan perut dengan jumlah berlebih
  • Mengalami menstruasi lebih dari 7 hari dengan aliran darah yang deras
  • Mengalami menstruasi yang lebih pendek dari biasanya
  • Mengalami haid lebih cepat dari siklus terpendek yaitu 21 hari
  • Siklus haid sangat lama atau lebih dari 45 hari
  • Mengalami kram dan sakit perut yang parah
  • Haid yang tidak teratur sudah berlangsung selama lebih dari 3 tahun

Penting untuk memeriksakan diri ke dokter bila Anda aktif secara seksual dan melewatkan jadwal menstruasi yang seharusnya. Pasalnya hal ini bisa menjadi tanda kehamilan.

Jangan khawatir, haid yang tidak lancar bisa dihindari dengan mengurangi faktor-faktor risiko yang ada. Silakan diskusikan dengan Tabib untuk informasi lebih lanjut.

Penyebab

Apa penyebab haid tidak teratur?

Haid yang tidak teratur disebabkan oleh banyak faktor, misalnya:

Hormon yang tidak seimbang

Hormon yang tidak seimbang sering kali memicu haid yang tidak teratur. Pubertas, menopause, melahirkan, dan menyusui merupakan fase di mana kadar hormon wanita mengalami naik turun yang cukup drastis.

Di masa ini, estrogen dan progesteron masih sangat berubah-ubah kadarnya sehingga jadwal haid Anda jadi sulit ditebak. Menuju masa menopause misalnya, wanita bisa jadi lebih sering haid atau justru sangat jarang.

Selain fase-fase tersebut hal lain yang membuat kadar hormon menjadi tidak seimbang yaitu alat kontrasepsi. Pil KB dan IUD termasuk dua jenis kontrasepsi yang membuat wanita mengalami menstruasi yang tidak teratur.

IUD misalnya bisa menyebabkan haid yang sangat lama dan banyak. Sementara pil KB biasanya membuat wanita mengalami perdarahan di luar siklus haid atau haid lebih sering.

Selain itu, stres yang parah juga bisa merusak keseimbangan hormon di dalam tubuh. Ketika stres tubuh akan memproduksi hormon kortisol.

Kadar hormon yang berlebihan bisa memengaruhi bagian otak yang berperan mengatur mens. Akibatnya, siklus Anda bisa jadi lebih cepat, lambat, atau tidak sama sekali.

Kenaikan atau penurunan berat badan yang drastis

Menstruasi Terlambat Bisa Disebabkan Oleh 10 Hal Ini

Siklus menstruasi adalah serangkaian perubahan pada tubuh wanita untuk mempersiapkan kehamilan. Namun bukan berarti jika tidak haid atau menstruasi terlambat, seorang wanita sudah pasti hamil. Menstruasi terlambat juga bisa disebabkan oleh hal lain, seperti stres, merokok, penyakit tertentu, hingga efek samping kontrasepsi hormonal.

Siklus menstruasi tiap wanita berbeda-beda. Panjang siklus menstruasi yang normal adalah 21-35 hari, dihitung dari hari pertama menstruasi bulan ini, hingga hari pertama menstruasi berikutnya. Siklus menstruasi biasanya sama setiap bulannya, namun ada juga saat-saat di mana haid datang terlambat.

Menstruasi Terlambat Bisa Disebabkan Oleh 10 Hal Ini - Alodokter

Berbagai Penyebab Menstruasi Terlambat

Jika “datang bulan” mundur dari waktu biasa, bisa jadi itu dikarenakan oleh salah satu alasan berikut, yaitu:

  • Stres
  • Obesitas
  • Berat badan turun
  • Hormon prolaktin berlebih
  •  Alat kontrasepsi
  • Sindrom ovarium polikistik (polycystic ovary syndrome/PCOS)
  • Penyakit kronis
  • Menopause dini

Kebanyakan wanita mulai memasuki masa menopause di usia 45-55 tahun. Namun, ada pula wanita yang mengalami gejala-gejala menopause pada usia 40 tahun ke bawah. Kondisi ini disebut sebagai menopause dini. Menopause menyebabkan pelepasan sel telur berhenti, hasilnya menstruasi terlambat atau bahkan terhenti sama sekali.

  • Merokok.

Penyembuhan Haid tidak lancar dengan Bekam.

Secara teori, dalam penyembuhan dengan bekam, seseorang menderita haid tidak lancer bisa disebabkan oleh 10 hal diatas yang menimbulkan timbunan oksidan darah kotor dan sumbatan di daerah leher Rahim dan sekitarnya.

Ketika oksidan darah kotor itu terkumpul di leher rahim dalam waktu yang lama akan mengganggu ekologi dan ekosistem di daerah Rahim, juga mengganggu autoimun di daerah kewanitaan sehingga bakteri dan virus bisa berkembang biak dengan leluasa sehingga menghambat proses alami dalam tubuh.

Dengan dikeluarkannya oksidan darah kotor yang terkumpul di daerah tersebut leher Rahim, maka haid akan kembali lancar.

Sudah banyak pasien – pasien kami datang dengan keluhan tersebut, dan Alhamdulillah diberikan kesembuhan oleh Allah Subhanawataala.

#terapi panggilan   #terapi bekam   #terapi ruqyah   #terapi saraf kejepit   #bekam di   #bekam terdekat   #bekam panggilan   #bekam bintaro   #bekam bsd   #bekam tangsel   #bekam ciledug   #bekam tangerang   #bekam jakarta   #ruqyah di   #ruqyah terdekat   #ruqyah panggilan   #ruqyah bintaro   #ruqyah bsd   #ruqyah tangsel   #ruqyah ciledug   #ruqyah tangerang   #ruqyah jakarta   #terapi di   #terapi terdekat   #terapi bintaro   #terapi bsd   #terapi tangsel   #terapi ciledug   #terapi tangerang   #terapi jakarta   #tempat terapi   #tempat bekam   #bekam wanita   #ruqyah anak   #ruqyah rumah

Terapis pengobatan tradisional yang mengusai berbagai macam tehnik pengobatan seperti Ruqyah Syariyyah, Bekam, Akupunktur, Pijat khusus nyeri, Keseleo patah tulang dan Herbal yang sudah berpengalaman.

Tagged with: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,