Maag Kronis

Maag Kronis

Waspadai Gejala Maag Kronis dan Komplikasinya

Gejala maag kronis adalah gejala gangguan lambung yang terjadi secara berulang dan dalam jangka waktu yang lama. Selain nyeri perut pada bagian atas, berikut ini beberapa gejala maag kronis lainnya yang harus diwaspadai, serta komplikasi yang dapat terjadi.

Maag kronis atau disebut juga gastritis kronis adalah gangguan pencernaan akibat dari peradangan dinding lambung yang muncul secara perlahan dan berkembang dalam jangka waktu yang lama.

Umumnya, maag kronis disebabkan oleh efek samping obat-obatan tertentu atau mengonsumsi minuman beralkohol dalam jangka waktu yang lama, infeksi, sering stres, menderita penyakit tertentu seperti diabetes dan gagal ginjal, serta gangguan pada sistem imun yang menyebabkan peradangan pada dinding lambung. Gejala maag kronis umumnya menyerupai gejala yang terjadi pada dispepsia, gastritis, atau bahkan tukak lambung.

Gejala Maag Kronis yang Perlu Anda Ketahui

Gejala maag kronis yang umum dialami, antara lain:

•           Nyeri perut pada bagian atas.

•           Rasa tidak nyaman pada saluran cerna.

•           Perut terasa kembung.

•           Perasaan penuh atau begah pada perut bagian atas, setelah makan.

•           Mual dan muntah.

•           Berkurangnya nafsu makan.

•           Penurunan berat badan.

Komplikasi Maag Kronis

Gejala maag kronis umumnya akan membaik dengan pengobatan, namun tetap perlu dilakukan pemantauan secara terus-menerus. Dan jika tidak diobati, kondisi ini akan terjadi berulang selama bertahun-tahun, atau bahkan seumur hidup.

Gejala maag kronis yang semakin parah dapat menimbulkan pendarahan dan komplikasi berupa:

•           Tukak lambung

Terjadinya peradangan atau luka pada dinding lambung dan duodenum (usus 12 jari). Selain ketidaknyamanan pada lambung, penderita tukak lambung akan mengalami nyeriberat di lambung.

•           Gastritis atrofi

Gastritis atrofi terjadi saat peradangan kronis pada dinding lambung menyebabkan hilangnya lapisan dan kelenjar pada lapisan dinding lambung. Maag kronis yang sudah parah dapat berkembang menjadi gastritis atrofi.

•           Anemia

Iritasi pada lambung yang semakin parah dapat menyebabkan pendarahan kronis di lambung, dan kehilangan darah dalam jumlah banyak bisa menyebabkan anemia.

•           Kekurangan vitamin B12

Maag kronis yang berkembang menjadi gastritis atrofi dapat menyebabkan penyerapan vitamin B12 di perut tidak baik.

•           Kanker

Kanker lambung pada stadium awal seringkali tidak bergejala. Adapun gejala kanker lambung yang harus diwaspadai antara lain pencernaan bermasalah, cepat kenyang, nyeri uluhati, mual, kehilangan selera makan, dan penurunan berat badan. Deteksi dini kanker lambung penting dilakukan agar dapat ditangani secara dini.

Jenis Maag Kronis Berdasarkan Penyebabnya

Maag kronis bisa dibedakan menjadi tiga berdasarkan penyebabnya, yakni:

•           Tipe A

Maag yang disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh Anda yang menghancurkan sel-sel lambung. Maag tipe ini dapat meningkatkan risiko kekurangan vitamin, anemia, bahkan kanker.

•           Tipe B

Ini adalah tipe yang paling umum dan maag jenis ini disebabkan oleh bakteri Helicobacterpylori. Kondisi ini dapat menyebabkan tukak lambung, tukak usus, dan kanker lambung.

•           Tipe C

Kondisi ini disebabkan oleh penggunaan obat anti inflamasi non-steroid (OAINS) dan konsumsi minumam beralkohol jangka panjang. Maag kronis tipe ini bisa menyebabkan erosi atau terkikisnya dinding lambung.

Jenis maag kronis lainnya adalah giant hypertrophic gastritis dan gastritis eosinofilik. Giant hypertrophic gastritis berkaitan dengan kekurangan protein, sedangkan gastritis eosinofilik bisa terjadi bersamaan dengan kondisi alergi seperti asma atau eksim.

Supaya sembuh total, mulailah terapkan gaya hidup sehat

Namun perlu diperhatikan juga, apa yang menyebabkan GERD, ulkus, dan infeksi tersebut. Bila hal-hal di atas disebabkan karena kebiasaan kurang baik yang dapat menyebabkan hal tersebut seperti sering makan makanan pedas, asam, dan berlemak, atausering minum kopi, maka Anda perlu mengubah hal tersebut. Bila tidak,kemungkinan besar masalah yang sama akan kambuh kembali.

Maka dari itu, selain mengobati penyebabnya dengan medis, diperlukan juga pengaturan makan yang tepat bagi orang yang mengalami maag agar lebih cepat sembuh total.

Diet tinggi serat adalah cara yang baik untuk membantu menyembuhkan kondisi sistem pencernaan. Diet ini akan memiliki efek membersihkan usus dan membuat pencernaan lebih lancar dan bersih. Buah-buahan, kacang-kacangan, sayuran memiliki serat yang baik untuk melindungi saluran pencernaan.

Mengurangi makanan pedas atau berminyak, minum teratur juga akan membantu kelancaran proses pencernaan. Dengan diet yang tepat penyebab maag akan bisa disembuhkan dengan lebih cepat, sehingga gejala maag akan hilang lebih cepat dan tidak terulang lagi.

Penyembuhan Penderita Sakit Lambung, Maag Kronis

Pengobatan medis, non medis dan pola makan sehat adalah cara yang paling umum untuk mengobati gejala maag. Dan pengobatan untuk setiap jenis sakit maag berfokus pada penyebabnya. Karena itu pemeriksaan medis dari dokter dan terapis nya penting dilakukan untuk menentukan diagnosis dan penyebab maag kronis.

Jika terdapat infeksi bakteri maka diperlukan antibiotik untuk membasmi kuman, untuk meredakan gejala maag juga dapat diberikan herbal untuk meredakan asam lambung, herbal untuk melindungi lapisan dinding lambung, atau herbal penghambat produksi asam lambung. Dokter juga akan menganjurkan anda untuk berhenti mengonsumsi minuman alkohol atau obat-obatan yang dapat memperparah gejala maag untuk mencegah kerusakan lebih lanjut pada lambung anda.

Segera konsultasikan jika gejala maag kronis semakin parah dan berulang secara teratur, disertai dengan gejala lain seperti tinja berwarna hitam, muntah, dan nyeri lambung yang berlangsung terus-menerus. Terlebih jika terjadi muntah darah, berat badan terus menurun, jantung berdetak kencang, kesulitan bernapas, rasa kantuk yang berat, tiba-tiba pingsan, dan mengalami kebingungan.

Di dalam pandangan Ilmu Pengobatan Tradisional didapati pandangan – pandangan bahwa ditubuh manusia adalah suatu bentuk kesatuan keseimbangan, jadi hanya dengan dapatnya mempertahankan keseimbangan tersebut itulah manusia baru dapat hidup teratur dan sehat. Bilamana terjadi kehilangan keseimbangan maka timbulah keadaan sakit /abnormal.

Karena ketidakseimbangan tersebut maka terbentuklah racun atau timbunan – timbunan oksidan di daerah sekitar lambung yang berakibat mengganggu ekologi dan ekosistem di lambung.

Kita bisa mengembalikan semua ketidakseimbangan dalam tubuh kita tersebut dengan cara mengeluarkan racun dan oksidan tersebut dengan tehnik bekam di titik – titik khusus dan bersinergi dengan banyak minum herbal pilihan khusus lambung yang dapat menjadi antibiotik, anti nyeri, obat, anti radang, penghambat terjadinya inflamasi, dan tentunya berdoa adalah hal nomor satu yang harus dilakukan, Inshaa Allah sembuh.

Terapis pengobatan tradisional yang mengusai berbagai macam tehnik pengobatan seperti Ruqyah Syariyyah, Bekam, Akupunktur, Pijat khusus nyeri, Keseleo patah tulang dan Herbal yang sudah berpengalaman.

Tagged with: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,